5 Lokasi yang Pernah Jadi Lokasi Syuting Film di UI

Author : saputindia
Publish Date : 2021-05-20 05:27:00


5 Lokasi yang Pernah Jadi Lokasi Syuting Film di UI

Kampus Universitas Indonesia memang memiliki daya tarik yang beragam. Mulai dari reputasi kampus, prestasi civitas akademiknya, hingga lokasi-lokasi yang indah dan jadi ciri khas UI.
Lokasi seperti Jembatan Teksas, Danau UI, hingga Taman Lingkar kerap menjadi destinasi foto orang yang berkunjung. Bahkan beberapa lokasi lain pernah digunakan sebagai lokasi syuting film karena lingkungannya yang indah dan cocok untuk sebuah adegan. Nah, ini dia beberapa lokasi syuting film di UI, yuk simak!

Baca juga:
Dear Calon Mahasiswa Baru, Ini 10 Nama Kantin di UI yang Unik-unik
Lokasi di UI yang Jadi Tempat Syuting Film
1. Air Mancur Makara
Terletak di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, air mancur ini biasanya digunakan mahasiswa untuk duduk santai sambil membaca buku atau sekadar ngobrol dengan teman karena tempatnya yang asri. Lokasi ini pernah digunakan untuk syuting film 5 CM lho, film yang dibintangi Fedi Nuril, Herjunot Ali, Raline Shah, Saykoji, Pevita Pearce, dan Denny Sumargo tersebut pernah mengambil salah satu adegannya di air mancur Makara.

Adegan saat Ian yang diperankan oleh Saykoji akhirnya mendapatkan surat rekomendasi sidang skripsi dari sang dosen pembimbing diambil dengan latar ini.

2. Daerah Balairung
Lokasi syuting film di UI yang kedua, ada di daerah Balairung. Saat itu tahun 2009, film Sang Pemimpi, sekuel dari film Laskar Pelangi ini mengambil salah satu adegannya di Balairung yaitu adegan Arail yang diperankan Ariel Noah dan Ikal yang diperankan oleh Lukman Sardi dinyatakan lulus dari kuliah.

Ada yang menarik di sini, saat beberapa hari sebelum syuting berlangsung, Balairung digunakan untuk kegiatan 4.500 mahasiswa baru dan pihak UI belum memberi kepastian bisa digunakan syuting kapan. Untungnya di tengah ketidakpastian tersebut kemudian UI akhirnya memberi izin dan salah satu scene dari film Sang Pemimpi pun berhasil diambil di lokasi tersebut.

Baca juga:
Jadi Mahasiswa UI? Yuk Hafalkan Warna Makara UI di Tiap Fakultasnya!

https://zenodo.org/communities/earthspirit/about/

https://zenodo.org/communities/emberspirit/about/

https://zenodo.org/communities/stormspirit/about/

https://zenodo.org/communities/voidspirit/about/

https://zenodo.org/communities/vengefulspirit/about/

3. Perpustakaan Pusat UI
Salah satu adegan di film Hujan Bulan Juni yang diambil dari buku Puisi sastrawan Sapardi Djoko Sapono ini mengambil salah satu scene mereka di perpustakaan pusat UI, yaitu di area dalam ketika Pingkan dan Sarwono sedang berbincang sambil berjalan. Tidak hanya film, lokasi ini juga menjadi tempat syuting video klip lagu 'Gemilang' oleh penyanyi Andien

4. Taman Lingkar
Masih dari film Hujan Bulan Juni, scene ngobrol antara Pingkan dan Sarwono juga mengambil lokasi di Taman Lingkar dekat pohon besar. Taman ini menghadap danau dan terletak di depan perpustakaan pusat.

Ada semacam tribun kecil yang digunakan banyak mahasiswa untuk sekadar nongkrong atau bahkan belajar. Tempat ini juga pernah digunakan untuk syuting program musik milik salah satu televisi.

5. Pusat Studi Jepang
Lokasi satu ini pasti sudah tidak asing lagi, baik untuk yang suka menonton film. Jalan semacam koridor menanjak dengan pagar besi tiap sisinya menjadi tempat yang sering ditemui di layar kaca. Bahkan dari mahasiswa UI nya sendiri sampai biasa dengan pemandangan mobil pick up yang digunakan untuk mengangkut peralatan syuting.

Nah, itu tadi beberapa lokasi syuting film di UI. Lokasi-lokasi tersebut bisa dikunjungi oleh siapa saja, baik untuk keperluan syuting maupun hanya sekadar ngobrol dan mengambil foto. Jangan lupa minta izin ya jika ingin syuting!

Saat berkuliah, tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati makanan di kantin kampus. Di Universitas Indonesia (UI) sendiri misalnya, ada berbagai kantin yang tersebar di setiap fakultasnya. Menariknya, kantin-kantin tersebut memiliki nama yang unik dan harus diketahui oleh calon mahasiswa UI.
Mahasiswa UI dapat menikmati beragam menu mulai dari ayam goreng kalasan, sup durian, soto lamongan, sampai nasi rames yang nikmat dimakan ketika bersama dengan teman-teman. Tercatat, ada 10 kantin UI dengan nama unik.

Baca juga:
Siap-siap SIMAK UI, Ini Prospek Kerja Lulusan Asuransi dan Aktuaria Vokasi
10 Nama Unik Kantin-kantin di UI dikutip dari Instagram resmi UI:
1. Kanrik - RIK
Kanrik adalah kantin Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK). Menurut mahasiswa UI menu yang paling enak di kantin ini adalah chicken tempura dari Pondok Makan Jawir. Harga satu porsinya mulai dari Rp 15.000 saja.

2. Kanjiw - FPSI
Kanjiw adalah kantin sejiwa dari fakultas Psikologi. Di kantin ini menu andalannya adalah soto ayam lamongan yang dipatok Rp 14.000 saja.

3. Takor - Fisip
Takor adalah singkatan dari Taman Korea. Takor adalah kantin di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip). Disebut sebagai Takor karena menurut sejarah, kantin ini didanai oleh orang korea bernama Dr Yong Ma. Selain itu, ada juga Takoru (Taman Korea Baru) yang di dalamnya terdapat dua kafe.

4. Kafe - FEB
Kafe adalah kantin Fakultas Ekonomi (FE). Di Kantin UI ini terdapat, berbagai menu yang bisa dinikmati. Harganya pun beragam, harga mulai dari yang ekonomis hingga mahal.

5. Kanmer -FH
Kanmer adalah kantin merah di Fakultas Hukum (FH). Kantin ini memiliki menu andalan yaitu sup durian di kedai Fresh Juice. Harga satu mangkuk supnya dipatok sekitar Rp 15.000.

Baca juga:
Langka! 10 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada Satu di Indonesia
6. Dallas - FMIPA

Dallas berarti Di Bawa Lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Di kantin ini terdapat menu Japanese Food yang menyediakan chicken katsu dengan harga yang terjangkau, yakni Rp 13.000 saja.

7. Kantek - FT
Kantek adalah singkatan dari Kantin Teknik. Kantin yang memiliki area smoking ini memiliki porsi makanan yang jauh lebih banyak dibanding kantin lainnya. Menu andalan di Kantek adalah ayam rica saus tiram seharga Rp 17.000.

8. Kankes - FKM
Kantin kesehatan atau Kankes berada di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Di sini, terdapat menu nasi rames ikan tuna seharga Rp 16.000 saja.

9. Kanvok - Vokasi
Kanvok adalah kantin Vokasi. Sajian ikonik dari Kanvok adalah nasi kebuli yang ditambah dengan sate maranggi. Untuk menikmati sajian ini, mahasiswa cukup merogoh kocek sebesar Rp 18.000 saja.

10. Kansas - FIB
Kansas adalah singkatan dari kantin sastra. Kansas memiliki bentuk bulat dan mengerucut. Di Kansas terdapat menu favorit, yaitu ayam kalasan dengan harga Rp 18.000 saja.

Nah, itu tadi nama 10 kantin yang unik di UI. Jadi, detikers ingin berkunjung ke kantin UI yang mana nih?



Category : news

Masters 2016: Hanging on the phone for Rory McIlroy, Jordan Spieth and Bubba Watson

Masters 2016: Hanging on the phone for Rory McIlroy, Jordan Spieth and Bubba Watson

- As a first-time qualifier for the Masters the 20-year-old Frenchman is afforded five practice rounds


Watch Malcolm & Marie Full Movie Online Free HD 2021

Watch Malcolm & Marie Full Movie Online Free HD 2021

- Watch Malcolm & Marie Full Movie Online Free HD 2021-Watch Malcolm & Marie Full Movie Online Free HD 2021


Pharmaceutical Grade Carbomers Market Size, Growth & Global Forecast Report to 2026

Pharmaceutical Grade Carbomers Market Size, Growth & Global Forecast Report to 2026

- The Pharmaceutical Grade Carbomers Market Report published by Value Market Research, it provides forecast and estimates for each application in terms of market size, share, trends and growth during 20


MB-910 PDF [2021] - Pass Microsoft Dynamics 365 Fundamentals Customer Engagement Apps (CRM) Exam mb-910 Exam in 1st Attempt

MB-910 PDF [2021] - Pass Microsoft Dynamics 365 Fundamentals Customer Engagement Apps (CRM) Exam mb-910 Exam in 1st Attempt

- If youre dreading taking your MB-910 exam or your Microsoft Dynamics 365 Fundamentals Customer Engagement Apps (CRM) Exam